“Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita,dan berpaling kepada Tuhan”-Ratapan.3:40

Menyelidiki

Ini adalah kata yang penuh dengan tindakan. Bila kita menyelidiki sesuatu, kita tidak akan hanya diam saja dan menunggu hal itu datang dengan sendirinya. Untuk menyelidiki hidup kita, kita harus berfikir, mencari dan menemukan aktiviti dan fikiran-fikiran apa saja yang mendominasi hidup kita. Apakah yang kurang dalam kehidupan rohani kita? Apakah yang kita utamakan lebih daripada keluarga, gereja dan Tuhan? Seperti mencuba menghapus virus dari sebuah computer, kita harus terlebih dahulu menemukan virus apakah itu. Untuk mengubah jalan hidup kita yang buruk, kita harus menemukan kekeliruan-kekeliruan apakah yang ada dalam hidup kita, apakah itu kebiasaan buruk, hobi, atau pengaulan kita.

Memeriksa

Memeriksa tidak hanya sekadar melihat-lihat di permukaan. Setelah menyelidik apakah yang salah dalam perjalanan kita bersama Tuhan, kita harus lebih lanjut mencari apakah yang membuat hidup kita tidak penuh, atau mengapa doa-doa kita terasa kosong. Apakah hobi kita telah menjauhkan kita dari Tuhan dan gerejaNya? Untuk memecahkan masalah ini, kita perlu mengetahui apakah masalahnya dan mengerti dari mana asalnya. Untuk menghapus virus computer, kita harus mengetahui bagaimana cara kerja virus itu. Memang tampaknya tidak mudah, tetapi dengan meneliti diri kita sepenuhnya di dalam hati, menyedari kesalahan-kesalahan kita yang tersembunyi, kebiasaan-kebiasaan buruk, atau prioritas-prioritas yang salah adalah langkah-langkah berpaling kembali kepada Tuhan.

Berpaling kepada Tuhan

Jangan hanya sekadar menengok kembali kepada Tuhan, tetapi kembali kepada Tuhan. Lakukan itu-dengan berbalik 180 derajat. Berkeluyuran di tepi garis start tidak akan membawa anda sampai ke garis finish. Berpalinglah dan rencanakan langkah-langkah kita untuk kembali kepada Tuhan. Bila kita sudah menemukan virus computer itu dan mengetahui bagaimana cara kita menghancurkannya, jangan hanya diam saha. Kurang virus itu, hapus dokumen-dokumen yang terkena virus, atau bahkan format ulang hard-disk itu. Memusatkan ulang hidup anda kepada Tuhan membutuhkan tindakan aktif. Selangkah-selangkah, lakukanlah apa yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah perubahan, agar anda dapat kembali kepada Allah. Hilangkan kebiasaan buruk, carilah teman serohani, perbaikilah hubungan anda dengan Tuhan, atau hilangkan hal yang menghalangi anda dari hidup yang dipenuhi Tuhan.

Renungan:

Kenapakah terakhir kalinya anda meneliti dan memeriksa hidup anda?

(Dibaca : 111 kali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *